Friday, 10-04-2020 | 12:03:49 pm

Dinas TPH&Bun Bersama Bupati Panen Cabe Merah Dan Tanam Bawang Merah Di Tirta Mulya

Dinas TPH&Bun Bersama Bupati Panen Cabe Merah Dan Tanam Bawang Merah Di Tirta Mulya Dinas TPH Bun Bersama Bupati Bungo Tanam Cabe Merah Dan Panen Bawang Merah Di Dusun Tirta Mulya Kecamatan Pelepat Ilir

NMCBerita.ID, Bungo - Bertempat di Dusun Tirta Mulya,Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan (TPH&Bun) bersama Bupati Bungo melakukan panen cabe merah dan tanam bawang merah. Senin(04/02).

Turut hadir dalam kesempatan ini, Sekda Bungo, Kepala OPD, para Kabag, Camat, Datuk Rio, dan penyuluh pertanian,serta tamu undangan yang lainnya.

Bupati Bungo H. Mashuri,SP.ME mengatakan dalam sambutannya,"Kami dari pemerintah Kabupaten Bungo menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para petani dan OPD terkait, yang telah bekerjasama untuk meningkatkan hortikultura terutama sayuran termasuk cabe merah, dan bawang merah di Kabupaten Bungo ini,"Ujarnya.

Bupati berharap kedepan Kabupaten Bungo mampu menjadi sentral produksi sayuran yang tidak lagi bergantung kepada pasokan dari luar daerah.

Dengan adanya komoditi sayuran di Kabupaten Bungo, tentu akan memunculkan efek positif bagi masyarakat.

BACA JUGA: Bupati Bungo Dengan Dinas TPHP Bun Gelar Panen Cabe Bersama

Kegiatan panen Cabe merah dan penanaman bawang merah yang dilaksanakan kelompok tani Sempulur Tani Dusun Tirta Mulya, Kecamatan Pelepat ilir.

"Tentu saja akan mengurangi inflasi pada sisi komoditi sayuran,khususnya komoditi cabe merah, dan bawang merah,"Kata Bupati.

Komoditi Cabe merah dan Bawang merah dapat dikembangkan di Kabupaten Bungo dan dapat mengurangi permintaan kebutuhan budidaya yang dilaksanakan menjadi sebuah motivasi untuk ditingkatkan lebih lagi.

"Kita memiliki lahan yang luas tetapi masih sedikit masyarakat mengelola lahan untuk sektor Hortikultura. Potensi besar Kabupaten Bungo harus bisa diberdayakan untuk kesejahteraan masyarakat.,"Ungkap Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas TPH &Bun Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi,SP,M.Si mengatakan, hari ini kita tanam cabe merah dan panen Bawang merah bersama Pak Bupati, ini murapakan kegiatan awal kita di awal tahun 2020 ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta rombongan yang sudah bersedia untuk hadir di acara Tanam Cabe Merah dan Panen Bawang Merah di Dusun tirta Mulya ini.,"Ucap M.Hasbi.

Ini merupakan rangkaian dari kegiatan kita untuk community di tahun 2020 ini, di tahun 2020 kita ada empat puluh hektar dan ini tersebar di kecamatan pelepat ilir, kecamatan Muko-muko, kecamatan rantau pandan, dan untuk kecamatan ini kita alokasikan bantuannya berupa bantuan Pompa air.

M.Hasbi menambahkan ini merupakan" kegiatan di tahun 2019, insyaallah nanti ini luas semuanya 40 hektar."Kata M. Hasbi.

Kalau total di Dusun Tirta Mulya ini ada 20 hektar, salah satunya yang luasnya ini 0,5 hektar.

Hasbi menjelaskan lagi  bahwa di Kabupaten Bungo ini untuk memproduksi cabe dan bawang merah sangat memadai Lahannya, jadi kalau kita di evaluasi kan untuk kebutuhan sudah memadai untuk kebutuhan di Kabupaten Bungo,"Ungkap M. Hasbi. (NMC03)