Saturday, 22-02-2020 | 03:58:03 am

Mendikbud : Tidak Ada Penghapusan Guru Honorer

Mendikbud : Tidak Ada Penghapusan Guru Honorer Mendikbud RI Nadiem Anwar ( Sebelah Kanan) Saat Konferensi pers, Gambar diambil Dari AntaraNews.com

NMCBerita.ID, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Anwar Makarim menegaskan bahwa tidak ada penghapusan bagi guru yang honorer.

" Menurutnya selama ini adalah salah persepsi bagi guru-guru yang ada di daerah khususnya di Indonesia."Ujarnya.

Dikarenakan guru honorer di Negara kita ini (Indonesia) sangat banyak sekali jumlahnya, mereka telah mengabdi sudah bertahun-tahun bahkan ada yang puluhan tahun.

"Sembari yang ia katakan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh KEMENPAN-RB (Tjahjo Kumolo) bahwa penghapusan guru honorer itu berlaku hanya untuk di pusat bukan untuk didaerah,"Kata Nadiem Anwar.

BACA JUGA : Bupati Bungo Di Hari PGRI Ke -74 Tahun 2019 Sudah 130 Guru Yang Pensiun

Nadiem menambahkan guru honorer itu wewenang kepala sekolah dan diawasi langsung oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan setempat, bahkan sama sekali guru honorer tidak akan dihapuskan.

Beberapa bulan yang lalu KEMENPAN-RB telah mengklarifikasi kan isu penghapusan Terhadap guru honorer K-II yang saat ini masih mengabdi sebagai aparatur sipil negara(ASN).

Hal serupa juga dikatakan oleh Deputi KEMENPAN-RB Setiawan wangsa Admaja bahwa penghapusan guru honorer tersebut  bukan berarti memberhentikan eks tenaga honorer melainkan merapikan status kepegawaiannya dalam 3 skema

Skema pertama bahwa guru honorer yang berusia di bawah 35 tahun bisa mengikuti ujian seleksi CPNS.

"Bagi yang melewati usia 35 tahun bisa juga mengikuti ujian pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)."ungkapnya.(Red)

 

 

 

Tag: