Wednesday, 28-07-2021 | 07:43:00 pm

Bupati Bungo : Bekas Peti Di Dusun Sungai Buluh Akan Dijadikan Kolam Ikan Dan Tempat Wisata, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jambi Kita Akan Lanjutkan Pembangunan Turap Sungai Batang Bungo

Bupati Bungo : Bekas Peti Di Dusun Sungai Buluh Akan Dijadikan Kolam Ikan Dan Tempat Wisata, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jambi Kita Akan Lanjutkan Pembangunan Turap Sungai Batang Bungo Gambar : Bupati Bungo Bersama Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jambi Tinjau Lokasi Perikanan, Di Dusun Sungai Buluh

NMCBerita.ID,Bungo - Bupati Bungo H. MASHURI, S.P., M.E menerima kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi SUEB CAHYADI, di Auditorium Rumah Dinas Bupati Bungo, Bungo, Rabu (24/3/2021).

Dalam kunjungan ini Bupati Bungo mengajak Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi meninjau lokasi kolam ikan yang berada di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah. Dan dilanjutkan dengan penijauan pembangunan “TURAP” Sungai Batang Bungo di Kelurahan Tanjung Gedang, Kecamatan Pasar Muara Bungo.

Bupati Bungo menyampaikan apresiasi kepada kepala BPKP perwakilan Provinsi Jambi Sueb Cahyadi yang telah berkunjung ke Kabupaten Bungo.

"Kami atas nama pribadi dan daerah Kabupaten Bungo selamat datang kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jambi ke Kabupaten Bungo, yang mana kunjungannya kali ini ada dua agenda diantaranya:

1.Meninjau lokasi kolam ikan yang berada di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah.

Yang mana lokasi kolam ikan yang ada di Desa Sungai Buluh ini, Kecamatan Rimbo Tengah, awalnya merupakan tempat Dompeng atau peti.

Atas kesepakatan kami semua bekas tempat Dompeng atau peti ini, pihak pemerintah Daerah dan Pemerintah Dusun Sungai Buluh  sepakat untuk menjadikan tempat kolam ikan.

Menurut Bupati untuk kolam ikan ini sangat bagus kalau dilanjutkan dan diperluas dengan memasukkan unsur pariwisata dan kemudian menjadikan tempat industri perikanan.

2.Peninjauan Pembangunan Turap di Kelurahan Tanjung Gedang, Kecamatan Pasar Muara Bungo.

Kunjungan kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jambi melihat pembangunan Turap yang ada di Kelurahan Tanjung Gedang, Kecamatan Pasar Muara Bungo, selain itu juga  melihat tata kelola lingkungan di Kabupaten Bungo.

"Tadi kita sudah berkeliling dan akhirnya kita berdiri di pinggiran hamparan sungai Batang Bungo melihat yang di bangun oleh Balai Wilayah Sungai Batanghari Provinsi Jambi.,"Kata Bupati. Rabu(24/03/2021).

Selain itu  pihak Pemda Bungo melalui Kepala Balai sudah menyampaikan memohon agar pembangunan turap ini bisa di selesai kan sampai ke jembatan di sebrang sana, hingga kedepan di hulu jembatan juga yang di seberang juga bisa di selesaikan.

Sementara itu Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jambi Sueb Cahyadi mengatakan,kemajuan Kabupaten Bungo ini sungguh sangat luar biasa, dengan dengan komitmen pak bupati untuk membangun lingkungan yang lebih baik.

"Kami sangat apresiasi kinerja Pak Bupati Mashuri atas kemajuan Kabupaten Bungo yang sangat begitu cepat sekali, dengan cepat pak Bupati cepat jemput bola di Pusat maupun di Provinsi demi kemajuan Kabupaten Bungo,"Kata Sueb Cahyadi.

Pembangunan Turap ini  utamanya adalah menjaga kelestarian alam, mencegah bencana yang terjadi kedepannya.

"Salah satu tadi saya melihat memanfaatkan bekas peti itu untuk kolam ikan, ini sangat bagus kalau dilanjutkan dan diperluas dengan memasukkan unsur pariwisata dan kemudian industri perikanan.

Dikarenakan itu nanti bisa menjadi ciri khas Kabupaten Bungo dan dijadikan tempat pariwisata.

Sueb Cahyadi menjelaskan "pembangunan kelanjutan turap akan kita kerjakan di tahun 2022 mendatang, karena di tahun 2021 ini kita tidak ada pembangunan yang di buat,"Jelas nya.

Untuk pembangunan turap sungai Batang Bungo ini sampai ke ujung jembatan akan memakan biaya sebesar Rp.15 Milyar sama dengan pembangunan awal turap yang telah siap ini di tahun 2019 yang lalu.(NMC03)